5 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Yang Aman Terbaru

Obat sakit gigi untuk ibu hamil memang harus benar-benar diperhatikan. Hal ini disebabkan ibu yang sedang mengandung tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sembarang obat karena akan berakibat pada keselamatan sang bayi dan ibu itu sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati memilih cara menyembuhkan sakit gigi yang aman.

Namun, sudahkah Anda tahu bahwa memang ibu-ibu hamil rentan dengan sakit gigi? Ya, ternyata ibu hamil lebih rentan terhadap sakit gigi dan peradangan pada gusi yang dipengaruhi oleh hormone kehamilan. Sehingga hal itu membuat gusi menjadi lebih sensitive. Sesuai anjuran dokter, lakukanlah pendekatan-pendekatan medis dan juga pengobatan alami dan aman.

Baca juga: Cara menggosok gigi yang benar

Pengkonsumian obat sakit gigi pada ibu hamil memang harus benar-benar diperhatikan efek sampingnya. Ada beberapa larangan bagi ibu hamil salah satunya yaitu meminum obat yang berefek samping membahayakan kehamilan. Alangkah baiknya ketika Anda membeli obat di apotik, konsultasikan dengan ahli yang ada di sana. Berikut kami berikan cara menyembuhkan sakit gigi pada ibu hamil yang aman.

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Obat sakit gigi untuk ibu hamil

Obat sakit gigi untuk ibu hamil

Baca juga: Obat sakit gigi paling ampuh di apotik

1. Minum obat pereda nyeri
Salah satu obat resep dokter yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil yaitu paracetamol. Anda dengan mudah mendapatkannya di apotik terdekat dan pastikan Anda membelinya di apotik yang terpercaya atau bukan malpraktik. Obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri pada gigi secara ampuh. Adapun obat lain yang lebih ampuh akan tetapi penggunaannya harus sesuai dengan pengawasan dokter mengingat efek sampingnya terhadap kehamilan.

2. Obat Topikal
Apa itu obat sakit gigi topikal? Obat ini merupakan obat oles untuk menyembuhkan gigi nyeri atau sakit yang diterapkan pada gigi. Kandungan yang ada di dalamnya antara lain benzocaine dan minyak cengkeh yang bermanfaat untuk meresap langsung pada jaringan gigi dan gusi yang sakit. Reda pada gigi pun dapat diredakan dengan cepat. Oleh karena bahan yang aman dan bekerja secara local, maka Anda dianjurkan untuk mendapatkan obat topical sebagai obat sakit gigi ibu hamil.

Baca juga: Obat sakit gigi berlubang paling ampuh dan terbaik

3. Obat tradisional minyak cengkeh
Cengkeh merupakan bahan alami yang sangat aman bagi semua orang termasuk ibu hamil. Bahkan rempah ini dijadikan sebagai bahan membuat obat topical yang sudah dijelaskan di atas. Kandungan zat aktif eugenol dapat meredakan nyeri pada gigi. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada area yang terasa sakit dan nyeri. Rasa yang cukup aneh namun dapat memberikan rasa hangat dan menenangkan hingga rasa nyeri akan berangsur membaik.

4. Berkumur dengan air hangat dan garam
Cara yang satu ini sudah sangat dikenal sejak dahulu kala sebagai obat tradisional sakit gigi karena sangat mudah untuk membuatnya. Cukup Anda sediakan air hangat setengah gelas lalu tambahkan seperempat garam dapur dan aduk hingga rata. Berkumurlah menggunakan air tersebut selama 1 menit. Ingat, jangan sampai tertelan dan dapat diulang 3-4 kali perhari 30 menit setelah makan. Cara ini dapat meringankan sakit gigi dan dapat membantu untuk membersihkan partikel-parikel sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan gusi.

Baca juga: Doa sakit gigi

5. Kompres dingin
Caranya, gunakan kain atau handuk untuk dicelupkan pada air es. Letakkan pada daerah pipi tepat di sisi luar gigi yang sakit. Suhu dingin tersebut akan membantu meringankan rasa sakit. Ingat, jangat langsung tempelkan es pada gigi karena justru akan membuat semakin sakit.

Demikian obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dan alami untuk bisa dipraktikan di rumah. Namun, anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman lagi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan indahnya berbagi dengan yang lainnya.

Leave a Reply