Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Dampak bagi Kesehatan

Jumlah gigi orang dewasa wajarnya yaitu 32 buah gigi. Berbeda dengan gigi susu yang jumlahnya hanya 20 buah. Gigi orang dewasa mulai berkembang pada saat usia beranjak 12 sampai 14 tahun. Kemudian, barulah tumbuh 4 gigi penambahan untuk melengkapi jumlah keseluruhan menjadi 32 buah gigi. Gigi yang terakhir tumbuh pada orang dewasa yaitu disebut dengan gigi bungsu. Gigi bungsu tumbuh ketika berusia 17 sampai 21 tahun.

Gigi merupakan sisi paling keras dalam tubuh manusia. Manfaat paling utama gigi yaitu, sebagai organ pendukung sistem pencernaan, gigi berfungsi untuk mengoyak serta mengunyah makanan yang dikonsumsi. Gigi juga memiliki pengaruh pada kekuatan serta kejelasan ketika bicara. Mungkin beberapa orang tidak memahami jika gigi memiliki beberapa sisi.

Jumlah Gigi Orang Dewasa

Baca juga: Harga veneer gigi, manfaat dan bahayanya

Yang pertama gigi memiliki sisi enamel serta dentin, sisi ini paling mudah terlihat karena letaknya paling luar yang berwarna putih. Enamel atau e-mail terbuat dari mineral keras yaitu, kalsium fosfat. Kemudian sisi yang berikutnya yaitu, pulpa. Sisi ini pulpa terdapat di dalam susunan gigi, struktur pulpa lembut. Di sinilah saraf serta pembulah darah berkumpul. Sisi berikutnya yaitu, sementum dan ligamen periodontal.

Jumlah Gigi Orang Dewasa

Jumlah Gigi Orang Dewasa

Sementum merupakan susunan jaringan ikat yang berperan untuk mengikat akar gigi agar melekat erat pada tulang rahang serta gusi. Pekerjaan jaringan sementum ini akan diperkuat oleh ligamen periodontal.

Jumlah gigi orang dewasa 32 buah dimana semua gigi terdiri dari beberapa type gigi. Berikut merupakan beberapa jenis gigi orang dewasa.

  1. Gigi seri, jumlah gigi seri pada orang dewasa ada 8 buah. Letaknya di dalam jejeran gigi. Gigi seri terbagi dalam 4 buah gigi di depan dan 4 buah pada rahang atas serta bawah
  2. Gigi taring, jumlah gigi taring 4 buah. Letaknya di samping gigi seri. Gigi taring berguna untuk merobek makanan.
  3. Gigi geraham, jumlahnya 8 buah. Letaknya di mulut sisi belakang. Gigi geraham berperan untuk menggiling makanan hingga lembut.
  4. Gigi premolar, gigi ini berjumlah 8 buah. Letaknya berada diantara gigi taring dan gigi geraham.
  5. Gigi bungsu atau geraham bungsu, jumlah gigi ini 4 buah. Gigi bungsu baru tumbuh saat usia 18 tahun. Namun, keberadaan gigi bungsu terkadang dapat mengganggu posisi dari gigi lainnya, sehingga harus dihilangkan denga cara operasi gigi.

Baca juga: Obat pemutih gigi

Agar jumlah gigi orang dewasa tetap 32 buah serta keadaannya tetap utuh, dianjurkan untuk semua orang harus menjaga gigi sedini mungkin. Menjaga gigi tidak cukup hanya melindungi kebersihannya saja. Tetapi, menjaga gigi juga harus memperhatikan susunan-susunan gigi tersebut. Sehingga, akan terhindar dari sakit gigi yang mengganggu jika rajin menjaga gigi. Pada saat usia 6 sampai 7 tahun baiknya sudah dibiasakan membersihkan gigi dengan rutin. Menjaga gigi dengan baik memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Berikut adalah keuntungan dari menjaga gigi dengan baik sejak awal.

  1. Dapat mengurangi resiko gigi seri sisi atas lebih menonjol,
  2. Menyesuaikan lebar lengkung gigi,
  3. Dapat melindungi perkembangan dari rahang menjadi tetap sesuai dengan seharusnya,
  4. Melakukan perbaikan sebagian permasalah dari kekuatan berbicara,
  5. Meningkatkan estetika,
  6. Mengurangi peluang gigi permanen tumbuh dengan posisi yang salah.

Jumlah gigi orang dewasa berjumlah 32 buah gigi yang harus dirawat dengan baik.

Leave a Reply