5 Cara Merawat Gigi Dengan Baik dan Benar

Cara merawat gigi dengan baik dan benar bagi sebagian orang sudah dianggap wajib dilakukan hingga perlu ke dokter untuk menanganinya. Namun, bagi Anda yang masih enggan untuk merawat gigi, harus waspada akan sebab kerusakan gigi akibat kebiasaan buruk.

Bisa Anda bayangkan ketika berkomunikasi dengan orang lain dalam kondisi mulut bau. Tentu hal tersebut amat sangat mengganggu baik Anda maupun lawan bicara. Bau mulut memang bisa disebabkan oleh bakteri yang menempel pada gigi dan ginding-dinding mulut jika tidak dirawat secara rutin. Berikut akan kami berikan tips dan cara merawat gigi dengan baik dan benar sesuai anjuran dokter.

Cara Merawat Gigi Dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Gigi Dengan Baik dan Benar

Pilih pasta gigi dan sikat gigi yang baik dan benar
Tahukah Anda mana pasta gigi dan sikat gigi yang baik? Pasta gigi yang memiliki busa banyak ketika Anda gukana saat menyikat gigi sesungguhnya tidak dianjurkan oleh dokter dikarenakan kandungan pasta gigi tersebut justru akan merusak enamel jika digunakan secara terus menerus. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride dan Anda akan rasakan perbedaanya bahwa pasta gigi ini tidak berbusa banyak dan nyaman pada mulut.

Baca juga: Cara membersihkan karang gigi tanpa harus ke dokter

Sikat gigi yang baik sebaiknya bertekstur yang lembut agar tidak merusak enamel gigi dan menggores dinding-dinding sekitar gigi. Jangan salah bahwa sikat gigi yang bertekstur kasar dan sturdy justru tidak bisa melindungi enamel gigi Anda. Pilih kepala sikat gigi yang kecil.

Menyikat gigi yang benar
Mungkin banyak di antara Anda sekalian yang sangat rajin menyikat gigi dan menggosoknya keras-keras agar kerak dan bakteri dalam mulut hilang tuntas seketika. Nah, mulai saat ini Anda harus lebih berhati-hati karena justru itu akan merusak enamel gigi Anda. Cara menggosok gigi yang benar yaitu sikat gigi Anda dengan tekanan ringan dan arah secara vertikal satu arah dimulai dari pangkal hingga ujung gigi. Bagian geraham, sikatlah permukaannya saja. Lakukan cara ini selama 2-3 menit.

Baca juga: Cara merapihkan gigi depan yang besar

Berkumur dengan mouthwash
Nah, setelah Anda selesai menyikat gigi, alangkah baiknya berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik untuk menghindari plak atau karang gigi yang menumpuk. Namun, Anda dianjurkan untuk menggunakan mouthwash yang mengandung antibiotic jika gigi Anda berlubang atau luka.

Pilih dental floss dan hindari tusuk gigi
Pastinya Anda selesai makan merasakan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Nah, tusuk gigi biasanya digunakan untuk membersihkannya, bukan? Ternyata kebiasaan ini kurang benar. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda gunakan dental floss untuk merawat gigi yang dapat mengurangi terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi Anda. Lain halnya dengan tusuk gigi yang justru membuat gusi berdarah atau bahkan berakibat fatal hingga infeksi.

Baca juga: Cara menggosok gigi yang benar

Menyikat lidah dan sisi dalam pipi
Anda mungkin tidak terbiasa menyikat lidah dan bagian pipi dalam. Ya, mungkin karena akan terasa sakit atau geli. Namun dengan pemilihan sikat gigi yang baik seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak akan terasa sakit jika Anda menyikat lidah dan bagian sisi dalam pipi. Ini adalah cara agar napas tetap segar. Akan tetapi, untuk menyikat lidah sudah disediakan beberapa merek sikat gigi khusus untuk membersihkan lidah.

Cara merawat gigi di atas dapat merawat gigi Anda menjadi lebih baik agar tidak terserang bakteri mulut yang mengakibatkan bau mulut serta gigi berlubang. Perlu Anda perhatikan pula kebiasaan Anda mengkonsumsi makanan. Ada baiknya tidak mengkonsumsi makanan yang terlau manis, meminum kopi dan the berlebihan bahkan merokok karena akan menyebabkan gigi sensitive dan bau mulut jika tidak segera dibersihkan.

Leave a Reply