Cara Merapikan Gigi Depan yang Besar Dengan Mudah Tanpa Memakai Behel

Cara Merapikan Gigi Depan yang Besar – Senyum yang indah dan didampingi oleh barisan gigi putih yang rapi layaknya iklan pasta gigi tentunya menjadi keinginan setiap orang. Para remaja atau orang dewasa banyak menginginkan memiliki gigi yang rata agar dapat menghasilkan senyuman tampak berseri.

Gigi yang tidak mudah didapatkan. Seringkali, seseorang mempunyai susunan gigi yang sedikit tidak rata atau bengkok posisinya. Salah satu solusi untuk merapikan gigi, pilihan yang paling jelas adalah pergi ke dokter atau memakai behel. Namun, ketahuilah menggunkan behel juga meemiliki resiko. Sebagai contoh resiko memakai behel yaitu, terkadang akan terasa sakit pada gigi, susah untuk membersihkannya setelah makan, juga muncul beberapa resiko infeksi jika bagian dalam mulut terluka karena penggunaan behel yang terlalu menjepit kencang.

Baca juga: Obat pemutih gigi terpercaya

Cara merapikan gigi depan yang besar dengan behel tidaklah asing untuk dilakukan. Beberapa keluhan juga ditemukan yaitu, masalah merapikan gigi depan yang besar agar terlihat lebih rapi. Sebenarnya, tanpa melalui prosedur dari dokter gigi, merapikan gigi dapat dilakukan sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa merapikan gigi tanpa behel belum tentu dapat menjadi salah satu solusi yang aman dan efektif. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merapikan gigi yang tidak rata atau merapikan gigi depan yang besar dengan cara aman tanpa menggunakan behel.

Cara Merapikan Gigi Depan yang Besar Dengan Mudah Tanpa Memakai Behel

1. Merapikan gigi dengan lidah
Lidah juga dapat berfungsi sebagai pengganti tekanan yang digunakan pada behel. Cara melakukannya hanya mendorong lidah di bagian gigi yang ingin dirapikan. Tentu, cara ini berlangsung selama beberapa waktu hingga hasilnya terlihat, karena cara ini memerlukan kesabaran. Lakukan cara ini sesering mungkin agar hasilnya dapat terlihat. Teknik menggunakan lidah ini juga memiliki keterbatasan pada jumlah gigi yang akan dirapikan. Jika jumlahnya banyak, peluang hasilnya tentu makin berkurang.

2. Merapikan gigi dengan veneer berbahan komposit atau ceramic
Teknik veneer gigi untuk merapikan gigi sekarang menjadi populer dikalangan masyarakat terutama kalangan wanita. Merapikan gigi depan yang besar juga dapat dilakukan dengan teknik veneer gigi. Veneer gigi harus dilakukan oleh dokter yang ahli, karena veneer memiliki resiko tinggi apabila salah dalam pengerjaannya. Terdapat dua teknik veneer yaitu, veneer direct dan veneer indirect.

Baca juga: Cara menghilangkan karang gigi

3. Merapikan gigi dengan invisalign
Pada umumnya, prinsip dari invisalign ini sama dengan prinsip dari kawat gigi, namun hanya bentuknya transparan. Alat ini harus digunakan setiap hari, kelebihan dari invisalign adalah alat ini dapat dilepas kapan saja, terutama pada saat makan. Cara pembuatan invisalign yaitu dengan mengambil gambar tida dimensi dari susunan gigi, sehingga invisalign dibuat secara terkomputerisasi. Pemakaian alat ini harus diganti setiap dua minggu sekali. Pemakaian invisalign kemungkinan selesai dalam waktu 1 sampai 2 tahun saja. Invisalign juga meminimalkan resiko infeksi, rasa sakit dan kesulitan untuk membersihkan behel.

4. Retainer
Retainer merupakan behel yang dapat dilepas sendiri oleh pemakainya. Pemakaian retainer biasanya setelah selesai memakai behel kawat. Retainer bertujuan untuk mempertahankan bentuk gigi yang sudah rapi. Tetapi menggunakan retainer juga dapat digunakan tanpa harus menggunakan behel terlebih dulu. Retiainer juga dipercaya dapat merapikan gigi depan yang besar agar terlihat lebih rapi.

Cara merapikan gigi depan yang besar tanpa menggunakan behel memiliki keuntungan tersendiri, jika memilih alat merapikan gigi yang tidak terlihat akan banyak mengubah penampilan.

One Response

  1. Bablofil July 20, 2017

Leave a Reply