10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Akhir-akhir ini beberapa orang banyak yang memiliki masalah tentang bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras atau membersihkan karang gigi yang membandel. Karang gigi merupakan masalah yang muncul di dalam mulut yang disebabkan kurang teraturnya dalam menjaga kebersihan mulut. Sehingga karang gigi terlihat mengeras hingga susah untuk dibersihkan.

Untuk menghilangkan karang gigi menjadi solusi disaat sudah terjadi penumpukan plak di antara gigi dan gusi, yang akhirnya akan berakibat buruk pada penampilan. Sebaiknya, selalu bersihkan bagian dalam mulut, hindari membersihkan karang gigi disaat gigi sudah terjadi penumpukan plak. Karena jika sudah terjadi penumpukan plak di antara gigi dan gusi cara menghilangkannya sedikit susah.

Baca juga: Cara memutihkan gigi dengan baking soda

Menurut Dokter Gigi Indonesia, sebaiknya lakukan gosok gigi minimal 2 kali sehari, dari bangun tidur dan sebelum tidur. Jangan sampai mengabaikan gosok gigi, karena dapat mengakibatkan beberapa masalah bagi kesehata dalam mulut. Menyikat gigi yang tidak benar juga dapat menyebabkan pembentukan plak dan ketika dibiarkan maka akan terbentuk karang gigi. Karang gigi bisa dibilang sebuah plak yang lebih padat dan keras.

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Masalah ini akhirnya akan menyebabkan beberapa masalah lain dalam mulut serta penyakit gusi. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, sehingga dapat mencegah beberapa penyakit mulut. Karang gigi merupakan sebuah noda coklat kekuningan yang terbentuk pada permukaan gigi biasanya diantara garis dengan gusi. Bisa terjadi karena air liur yang mengeras, kotoran bakteri dan plak yang membuatnya berpori serta berkerak.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Berikut adalah cara menghilangkan karang gigi yang membandel yang sulit untuk dibersihkan.

Baca juga: Cara membersihkan karang gigi tanpa harus ke dokter

1. Sikat gigi teratur dan benar
Pencegah terbaik yaitu dengan perawatan mulut yang tepat, lebih waspada saat menyikat dan flossing (membersihkan dengan benang) secara teratur. Serta mencegah karang gigi yang terus tembuh dengan rajin membersihkan mulut. Usahakan menyikat dengan benar setiap setelah makan untuk pencegahan pembentukan karang gigi. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk dapat menyikat semua sudut bahkan pada celah-celah gigi.

2. Gunakan pasta berfluoride
Pasta gigi berfluoride dapat membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi, yang intinya bermanfaat untuk dapat memperkuat dan mencegah dari berlubang. Dengan menggunakan pasta berfluoride membantu daerah sekitar karang yang terkena pembusukan akan kembali termineralisasi dan dapat melindungi dari bakteri jahat pada fase pembentukan plak.

3. Coba menyikat gigi dengan baking soda
Campurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam, kemudian ambil sikat dan basahkan sedikit, lalu celupkan sikat gigi ke dalam campuran baking soda tersebut. Gosok gigi dengan campuran tersebut kemudian kumur hingga bersih. Cara ini sangat membantu untuk menghilangkan karang gigi dan dapat digunakan untuk memutuhkan gigi.

4. Gunakan gel lidah buaya dan lemon esensial
Sediakan gelas, kemudian isi dengan air, tambahkan setengah cangkir baking soda, 1 sendok teh gel lidah buaya dan 10 tetes minyak esensial lemon. Kemudian campur semua dalam satu wadah, setelah itu aduk hingga tercampur. Gunakan campuran ini, dapat digunakan untuk membersihkan gigi setiap hari dan dapat menghilangkan karang gigi yang membandel.

Baca juga: Cara merapihkan gigi depan

5. Gunakan kulit jeruk
Caranya dengan menggosokkan kulit jeruk langsung pada bagian karang gigi. Cara ini sangat berkhasiat untuk membersihkan karang gigi yang sudah mengeras.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, semnagat untuk membersihkan karang gigi nya meskipun tidak mudah namun kita harus tetap konsisten dan membersihkan karang gigi dengan cepat.

Leave a Reply