Cara Menggosok Gigi yang Benar dan Langkah-langkahnya

Cara menggosok gigi yang benar mungkin belum diketahui oleh sebagian banyak orang. Menggosok gigi ternyata memiliki langkah-langkah yang tepat agar tidak merusak gigi dan bau mulut. Sekedar menggosok gigi saja tidak cukup untuk membunuh bakteri dalam gigi dan mulut, namun diperlukan cara yang baik dan tepat dalam melakukannya. Berikut kami berikan cara menyikat gigi yang benar beserta tips tambahan.

Baca juga: Cara merapikan gigi depan yang besar

Langkah-Langkah Menggosok Gigi yang Benar

Sebelum Anda menggosok gigi, sudah tahukah sikat gigi dan pasta gigi yang baik sesuai anjuran dokter gigi? Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride yang tidak berbusa banyak dan pilih sikat gigi yang berbulu lembut dan kepala kecil agar dapat mencapai gigi geraham paling belakang dan menjangkau sela-sela gigi dengan mudah.

Dalam kegiatan menggosok gigi ini, perlu Anda ketahui bahwa menyikat lidah juga sangat disarankan untuk Anda agar terhindar dari bau mulut yang tak sedap. Bakteri dalam gigi dan mulut akan menempel jika tidak dibersihkan secara seksama. Jadi, bukan hanya gigi saja yang harus disikat, namun seluruh bagian mulut sebisa mungkin terjangkau oleh sikat gigi. Maka dari itu, pilih sikat gigi yang baik.

Cara Menggosok Gigi yang Benar

Cara menggosok gigi yang benar

Setelah lidah sudah Anda sikat, lalu sikatlah gigi Anda sesuai langkah berikut:

Baca juga: Cara merawat gigi dengan baik dan benar

  1. Oleskan sedikit pasta gigi di atas bulu sikat – terlalu banyak pasta gigi tidak dianjurkan. Kemudian letakkan bulu sikat pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi miring 45 derajat. Mulailah menyikat gigi pada geraham atas belakang lalu lakukan gerakan melingkar dari atas ke bawah. Lakukan kegiatan ini selama 20 detik untuk setiap bagian.
  2. Sikatlah setiap bagian gigi, mulai dari gigi yang biasa untuk mengunyah, gigi dekat pipi, dan juga lidah. Pastikan Anda menyikat semua permukaan gigi agar plak dan sisa makanan yang masih menempel bisa hilang.
  3. Untuk gigi bagian depan, lakukan gosok gigi secara vertical atau gunakan ujung kepala sikat gigi Anda dengan cara melingkar dari tepi gusi hingga atas gigi. Lakukan sebanyak 2-3 kali dan jangan terburu-buru.
  4. Ubah pola menyikat Anda agar semua bagian gigi benar-benar tersentuh oleh pasta gigi dan sikat gigi Anda.
  5. Jika Anda memulainya dari gigi geraham bawah, maka Anda harus menyelesaikannya pada gigi geraham atas. Kegiatan menggosok gigi bisa mencapai 2-3 menit untuk menyikat seluruh bagian gigi Anda.
  6. Bilas mulut dan sikat gigi Anda hingga bersih tak tersisa pasta gigi. Jika perlu, Anda disarankan untuk menggunakan mouthwash agar sisa-sisa pasta gigi dan plak yang masih ada hilang tuntas.

Tips menggosok gigi yang baik dan benar

Baca juga: Cara memutihkan gigi secara alami

Sikatlah gigi Anda dengan tekanan ringan saja karena jika Anda menekan sikat gigi dengan keras justru akan membuat gigi dan gusi Anda sakit atau bahkan berdarah. Selain itu, akan menyebabkan permukaan luar gigi yang sering disebut enamel gigi terkikis dan menjadikan sebab gigi sensitive. Pastikan Anda benar-benar menggunakan gerakan melingkar bukan gerakan lurus saja untuk menyikat keseluruhan gigi Anda karena hal itu justru akan merusak gigi permanen Anda pada gusi.

Cara Mengetahui Gigi Sudah Bersih

Cara untuk mengetahui apakah gigi Anda sudah bersih disikat atau belum sangatlah mudah. Raba gigi dengan lidah Anda apakah sudah halus atau belum. Jika Anda merasakan permukaan gigi semuanya halus, maka artinya gigi Anda sudah bersih. Sebaliknya, jika Anda menemukan bagian yang kasar, maka artinya belum bersih dan masih tertinggal plak gigi yang menempel.

Jadi, pastikan terlebih dahulu permukaan gigi seluruhnya Anda sikat. Demikian cara menggosok gigi yang benar beserta tips semoga bermanfaat.

Leave a Reply