Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Cara memutihkan gigi dengan baking soda a�� Bagi Anda yang mendambakan gigi lebih putih, cara ini sangat ampuh untuk solusinya. Ternyata ada satu produk rumahan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pemutih gigi yakni soda kue atau baking soda. Biasanya, masalah noda pada gigi merupakan akibat dari konsumsi teh, kopi, rokok, dan lain sebagainya. Berikut ini dua metode yang dapat Anda gunakan untuk mengolah baking soda menjadi pemutih gigi.

Metode 1 Baking Soda Sebagai Dasar

1. Kombinasi baking soda atau soda kue dengan air. Untuk lebih efektif khasiatnya, kombinasikan dengan air lemon atau keduanya boleh digunakan bersamaan. Caranya cukup mudah, campurkan setengah sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air atau perasan lemon ke dalam sebuah cangkir kecil. Maka, akan terbentuklah pasta untuk bisa langsung digunakan. Namun, gunakanlah sikat gigi yang bersih untuk mengaplikasikannya pada gigi Anda. Jika noda cukup pekat, oleskan langsung pasta tersebut ke permukaan gigi dan diamkan selama 2 menit. Alangkah baiknya sebagian noda yang sangat pekat perlu digosok lebih kuat.
Tips:

  • Sebelum mengoleskan pasta baking soda, gunakanlah kain kasa untuk mengeringkan permukaan gigi Anda agar hasilnya lebih optimal.
  • Jika Anda menginginkan memutihkan gigi secara keseluruhan, celupkan saja sikat gigi ke dalam cangkir kecil yang sudah Anda letakkan pasta gigi baking soda kemudian aplikasikan pada permukaan gigi Anda.

2. Sikat gigi selama 1-2 menit. Setelah Anda selesai membuat pasta sesuai nomor satu, sikatlah gigi Anda seperti bisanya hingga ke seluruh celah dan sela gigi. Jangan sampai lebih dari 2 menit menyikat gigi karena akan merusak enamel gigi Anda. Pastikan Anda gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus.

3. Berkumur. Langkah terakhir adalah membilas soda pada permukaan gigi Anda dengan berkumur hingga bersih.
Ulangi kegiatan ini dua hari sekali hingga ada perubahan warna pada gigi Anda putih. Jika sudah nampak perubahan, maka Anda dianjurkan untuk mengurangi frekuensi penggunaan pasta baking soda.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Metode 2 Baking Soda Sebagai Alternatif

1. Kombinasi baking soda atau soda kue dengan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida juga merupakan produk rumahan yang dapat dicampurkan dengan baking soda untuk memutihkan gigi Anda. Caranya, campurkan 1 sdt hidrogen peroksida dengan baking soda dengan takaran yang sama hingga menjadi pasta gigi. Lalu, aplikasikan pasta ini pada gigi Anda selama 1-2 menit lalu bilas dengan air atau mouthwash yang bisa Anda temukan di toko terdekat Anda.

2. Kombinasi baking soda dengan jeruk limau. Caranya, campurkan setengah sdt baking soda dengan setengah sdt air lemon kemudian aplikasikan pada gigi selama 1 menit dan bilas. Namun, metode ini tidak disarankan oleh Dokter karena asam citrus pada lemon dapat mengikis gigi.

3. Kombinasi baking soda dengan pasta gigi. Campurkan sedikit baking soda dengan pasta gigi Anda yang mengandung flouride. Caranya hanya menaburkan baking soda di atas pasta gigi yang sudah Anda letakkan pada sikat gigi.

Demikian artikel kami mengenai cara memutihkan gigi dengan baking soda dan Anda bisa langsung mempraktikannya saat ini. Namun, kami peringatkan terlebih dahulu bahwa terlalu sering menggunakan baking soda pada gigi akan merusak enamel gigi dan juga hipersensitivitas jika disikat terlalu kuat. Selain itu, tidak dianjurkan bagi Anda yang sedang menggunakan kawat gigi atau pengaman gigi permanen. Semoga artikel ini bermanfaat.