Amalan Doa Sakit Gigi Terapi yang Dianjurkan Rasulullah

Doa sakit gigi – Pada hakikatnya, semua penyakit ada obatnya, demikianlah yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, orang yang sedang mengalami sakit dianjurkan untuk berobat. Rasulullah SAW juga mengajarkan berbagai doa-doa untuk beberapa penyakit tertentu. Seperti halnya doa sakit untuk menyembuhkan sakit gigi, berikut merupakan doa amalan doa sakit gigi.

“ BISMILLAAHI ALLAAHUMMA ADZHIB ‘ANNII SYARRO MAA AJIDU BI DA’WATI NABIYYIKA ATTHOYYIBI ALMUBAAROKI ALMAKIINI ‘INDAKA “

Baca juga: Cara menyembuhkan sakit gigi secara alami

Aritinya :
Ya Allah hilangkanlah dariku keburukan dari apa yang ku rasakan dengan permintaan NabiMu yang mempunyai pengaruh dan diberkati disisiMu.

Doa Sakit Gigi

Amalan Doa Sakit Gigi

Demikianlah amalan Doa sakit gigi semoga bermanfaat untuk kesembuhan penyakit. Selain berdoa adabaiknya juga diimbangi dengan berobat ke dokter gigi. Berdoa dan berusaha merupakan jalan terbaik untuk menuju kesembuhan. Berdoa merupakan sebagian usaha batin untuk berserah diri kepada yang maha kuasa, karena tidak akan terjadi sesuatu secara kebetulan terkecuali berdasarkan kehendak dari Allah SWT. Alasannya karena jika ada yang kebetulan maka tubuh akan sehat ketika dapat menghindari gejala dan penyebab penyakit.

Harus diyakini bahwa sakit gigi datangnya dari Allah, maka juga harus menyadari bahwa gigi sehat merupakan nikmat dari Allah. Jika senantiasa bersyukur dari nikmat maka, Allah akan menambahkan dan jika bersifat kufur maka, Allah akan mencabut nikmatnya. Sunggu Allah tidak merubah nikmat yang sudah diberikan pada kaumnya, terkecuali kaum itu sendiri yang telah merubahnya.

Dijelaskan dalam ayat Al-Quran bahwa penyebab hilangnya nikmat datang dari diri sendiri. Contohnya hal ini, seorang yang tidak suka membersihkan gigi atau banyak mengkonsumsi makanan yang berlebih, maka akan timbulnya sakit gigi. Maka dari itu, sesungguhnya kerusakan itu datang dari tindakan diri sendiri. Gunakanlah nikmat gigi dengan baik dan selalu jagalah kebersihan mulut agar penyakit tidak akan muncul lagi.

Berikut adalah doa sakit gigi dan terapi yang dianjurkan Rasulullah yang sangat berguna untuk kesembuhan sakit gigi.

Langkah membaca doa sakit gigi

baca juga: Obat sakit gigi untuk ibu hamil

  • Siapkan air satu gelas,
  • Kemudian bacalah istigfar sebanyak 3 kali,
  • Dan membaca “Allahuma Adzhib ‘anni suu-a Maa Ajiduhu Wa Fuhsyadu Bi Da’wati Nabiyyikal Aminil Makiini” sebanyak 11 kali,
  • Kemudian tiupkan ke air,
  • Gunakanlah air tersebut untuk berkumur pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

Dijelaskan menurut ahli kesehatan, sakit gigi merupakan kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Gejala dari sakit gigi biasanya, bengkak disekitar gigi yang terinfeksi, pusing, rasa dan bau busuk dari gigi yang terinfeksi dan demam. Di dalam gigi terdapat pulpa gigi, pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri dari pembuluh darah dan saraf sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Penyebab radang pulpa dapat bermacam-macam, diantaranya yaitu:

Baca juga: Obat sakit gigi paling ampuh di apotik

  • Pembusukan gigi (kondisi ini diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang),
  • Penumpukan nanah didasar gigi akibat infeksi bakteri,
  • Penyusutan gusi,
  • Gigi retak,
  • Tembalan yang rusak, terjadi pada gigi yang pernah ditambal.

Selain melakukan doa sakit gigi juga harus melakukan pengobatan alternatif agar kesembuhan sakit gigi dapat sembuh dengan cepat, karena sakit gigi merupakan penyakit yang menyusahkan. Lakukan cara berikut di rumah untuk membantu meredakan sakit gigi.

  • Membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss atau benang gigi,
  • Berkumur dengan air hangat,
  • Minum obat pereda nyeri.

Leave a Reply